Otomatis Pompa Air Bermasalah Toren Banjir Atau Pompa Air Tidak Hidup

Masalah yang sering terjadi jika sistem otomatis pompa air ngadat adalah toren menjadi luber atau banjir. Atau juga toren menjadi kosong karena pompa air tidak On otomatis. Ngomong-ngomong ada yang belum tahu toren? Toren itu ya, tangki air. Koq namanya jadi Toren / Torn sih? Istilah Toren sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti tower. Mungkin dulu orang Belanda sering menyimpan tandon air atau tangki air cadangan di atas tower. Oleh orang kita disangkanya Toren itu adalah tangki air. Sehingga istilah toren untuk nama tangki air diwariskan hingga sekarang ini.

Kembali ke laptop...

Sistem otomatis yang diterapkan pada pompa air bisa bermacam-macam. Ada yang menggunakan tekanan udara, pelampung dan elektronik. Kali ini calaku akan membahas tentang cara kerja sistem otomatis pompa air dalam rumah tangga yang menggunakan sistem pelampung yang disimpan di dalam toren air. Harapannya semoga membantu sobat untuk mendapatkan solusi jika sistem otomatis pompa air bermasalah.

Cara Kerja Otomatis Pompa Air Sistem Pelampung Biasa

Secara garis besar Otomatis pompa air sistem pelampung biasanya terdiri dari tiga bagian yaitu Switch (saklar), Tuas penekan tombol switch dan pelampung yang dihubungkan ke tuas dengan tali. Pelampung biasanya berjumlah dua buah. Agar bisa memperbaiki sendiri otomatis pompa air sistem pelampung, terlebih dahulu kita harus mengetahui cara kerjanya. Cara kerjanya sederhana sekali,

Pompa Air On (Hidup)
Pompa air akan on jika tombol switch tertekan oleh tuas. Tuas akan bekarja menekan switch jika tertarik oleh beban 2 pelampung. Pelampung akan menarik tuas jika kondisinya dua-duanya tergantung atau tidak mengambanng di air. Kondisi ini terjadi saat air di toren kosong.

Pompa Air Off (Mati)
Pompa air akan off jika tombol switch tidak tertekan oleh tuas.Tuas tidak akan menekan tombol switch jika tidak mendapat beban dari 2 pelampung. Pelampung tidak memebrikan beban ke tuas karena posisinya mengmbang di air. Kondisi ini terjadi saat air torem penuh.

Mengatur Level Air Di Toren
Untuk mengatur ketinggian level air saat pompa off, atur panjang pendek tali pelampung bagian atas. Semakin pendek tali pelampung atas semakin tinggi level air saat pompa Off. Sebaliknya untuk mengatur ketinggian level air (stock air dalam toren) saat pompa On, atur panjang pendek tali pelampung bagian bawah. Semakin panjang semakin rendah level air dalam toren saat pompa On. Durasi pompa dari Off ke On menjadi lebih lama.

Problem Otomatis Pompa Air Sistem Pelampung
  • Pompa air tidak On otomatis saat air kosong
  • Toren banjir alias pompa air tidak off saat air penuh di toren


memperbaiki pompa air

switch otomatis pompa air

Jika sobat mengalami problem seperti diatas dalam sistem otomatis pompa air dirumah, bisa memperbaikinya dengan mudah jika mengetahui cara kerja sistem otomatis pelampung. Biasanya problem terletak pada tuas, switch dan pelampung. Problem pada switch dan tuas biasanya adalah karat dan semut. Amati bagian tuas apakah bisa bergerak dengan baik saat menekan dan melepas tombol switch. Cek dengan tester switch apakah terhubung atau tidak saat tombol ditekan, Perhatikan konektor-konektor switch jika berkarat semprot dengan electric Cleaner atau di ampelas. Pada bagia pelampung perhatikan apakah tali-talinya ada yang putus.Cek berat pelampung jika enteng berarti telah bocor.


Demikian cara kerja, problem dan solusi otomatis pompa air sistem pelampung, semoga bermanfaat.



Tag : pompa air
0 Komentar untuk "Otomatis Pompa Air Bermasalah Toren Banjir Atau Pompa Air Tidak Hidup"

Silahkan komen jika ada yang ingin ditanyakan, No Spam

Back To Top